Pelindung Cat Mobil & Cara Merawatnya Agar Awet

pelindung cat mobil

Siapa yang pernah dengar tentang pelindung cat mobil? Sama seperti namanya, pelindung cat mobil berfungsi untuk melindungi cat mobil dari berbagai kerusakan supaya warnanya lebih awet. Harga dari pelindung cat mobil pun beragam, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah yang tergantung dari kebutuhan tiap individu.

Sayangnya, masih banyak orang beranggapan jika pelindung cat mobil sudah melindungi mobil secara maksimal dari berbagai kerusakan. Justru kamu tetap perlu memperhatikan kondisi mobil supaya mobil selalu terjaga dan pengaplikasian pelindung cat mobil juga tidak sia-sia

Nah berikut adalah beberapa penjelasan cara merawat mobil yang tepat setelah menggunakan pelindung cat mobil:

  1. Mencuci Mobil Secara Berkala

Tidak dapat dipungkiri jika mencuci mobil adalah salah satu hal mendasar dalam merawat mobil. Meskipun mobil kesayangan sudah menggunakan pelindung cat, mobil tetap harus dicuci dengan rutin supaya kotorannya bisa terangkat dengan maksimal.

Sebaiknya kamu mencuci mobil sebelum atau pun setelah digunakan supaya tidak ada lagi kotoran yang menempel dan menyebabkan cat memudar. Apabila kamu memang tidak punya banyak waktu, kamu bisa membawa mobil kesayangan ke pencucian mobil terdekat dengan harga yang terjangkau.

  1. Hindari Menggunakan Air Tanah

Meskipun kelihatannya sepele, kamu harus memperhatikan betul jenis air yang digunakan ketika mencuci mobil. Jangan sampai kamu mencuci mobil dengan air tanah yang justru akan menyebabkan cat mobil mengelupas. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam pada air tanah yang lama kelamaan menyebabkan body mobil rusak.

Oleh sebab itulah sebaiknya kamu menggunakan air PDAM ketika mencuci mobil. Selain tingkat keasamannya yang rendah, kotoran pada mobil akan terangkat dengan maksimal, bahkan jamur yang menempel sebelumnya. Dijamin mobil kesayangan akan terlihat lebih kinclong setelah dicuci menggunakan air PDAM!

  1. Teliti Dalam Memilih Shampo Cuci Mobil

Selain memperhatikan jenis air, kamu juga perlu memperhatikan kandungan dari shampo cuci mobil. Tidak semua shampo mengandung bahan yang aman dan kualitas shampo mobil yang berkurang hanya akan menurunkan kualitas mobil kesayangan

Tidak ada salahnya untuk memperhatikan betul kandungan dari shampo cuci mobil sebelum diaplikasikan langsung ke mobil. Salah satu ciri jika shampo mobil memang berkualitas adalah kadar pH nya yang seimbang. Kamu bisa berkonsultasi tentang hal ini pada ahlinya kok, baik bertanya pada penjaga toko atau pun mekanik yang bertugas mencuci mobil kamu.

  1. Perhatikan Bagian Mesin Mobil

Bukan hanya bagian body mobil yang perlu diperhatikan, kamu juga perlu rutin membersihkan bagian mesin mobil, sekalipun sudah menggunakan pelindung cat mobil. Hindari untuk menyemprot bagian mesin secara berlebihan karena hal ini akan menyebabkan komponen mesin berkarat.

Sebaliknya, kamu bisa membersihkan bagian mesin mobil dengan cairan pembersih yang kuat. Bisa juga kamu menambahkan vitamin engine untuk menghindari timbulnya jamur ataupun karat pada mobil kesayangan.

  1. Gunakan Lap Khusus

Layaknya memilih air ataupun shampo mobil terbaik, kamu juga perlu memperhatikan jenis lap yang digunakan. Jangan sampai kamu asal dalam memilih lap dan justru menimbulkan banyak goresan pada body mobil. Terbayang kan betapa pentingnya memilih lap?

Sebaiknya kamu menggunakan lap fiber untuk membersihkan seluruh body mobil dalam keadaan kering. Ada baiknya pula jika kamu menggunakan beberapa lap sekaligus supaya kotoran dari satu bagian mobil tidak menempel ke bagian mobil lainnya.

Sudah jelas kan bagaimana cara merawat mobil setelah menggunakan pelindung cat mobil? Semoga informasi ini membuat kamu lebih bersemangat untuk merawat mobil kesayangan ya!

Peralatan Darurat Mobil Ini Tidak Boleh Diremehkan

peralatan darurat mobil

Apakah mobil kamu sering mogok? Atau mobil kamu sering dibawa untuk perjalanan jauh sehingga butuh untuk ganti ban pada saat-saat tertentu? Kalau begini, kamu tidak perlu khawatir! Kamu hanya memerlukan peralatan darurat mobil! Seperti namanya, peralatan darurat mobil ini digunakan pada saat-saat darurat mobilmu. Bisa jadi pada saat mobil tiba-tiba mogok atau pada saat mobil butuh ganti ban cadangan.

Dengan peralatan darurat ini, kamu bisa melakukan semua hal ini sendiri tanpa harus mencari bengkel yang masih buka. Praktis sekali bukan? Maka dari itu peralatan darurat merupakan barang yang patut kamu bawa di mobilmu kapan pun kamu pergi. Jangan sampai peralatan darurat ini lupa kamu bawa dan tidak ada saat kamu membutuhkannya nanti. Untuk lebih menyakinkanmu, baca tulisan di bawah ini untuk tahu soal fungsi peralatan darurat pada mobil.

3 Fungsi Peralatan Darurat Mobil Ini Harus Kamu Ketahui!

Peralatan darurat pada mobilmu sebenarnya memiliki fungsi yang sangat banyak. Dikarenakan fungsi inilah peralatan darurat menjadi barang wajib yang harus kamu bawa saat kamu berpergian bersama mobil. Lantas apa saja fungsi peralatan darurat pada mobilmu ini? Inilah tiga fungsi peralatan darurat pada mobil yang harus kamu ketahui!

1. Untuk Mengatasi Kerusakan Pada Mobil

Fungsi pertama peralatan darurat adalah untuk bisa mengatasi kerusakan pada mobilmu. beberapa peralatan ini dibawa agar bisa membantu pengendara mobil mengatasi kerusakan-kerusakan yang terjadi. Contohnya kalau aki mobil tiba-tiba mati sehingga tidak ada suplai daya pada mobilmu, kamu harus menggunakan charger aki yang sudah termasuk peralatan darurat.

Kamu hanya perlu menyambungkan charger aki pada sumber daya listrik dan mengisi daya aki hingga selesai. Kalau aki sudah selesai diisi dayanya, kamu sudah bisa menggunakan mobilmu kembali. Dengan menggunakan charger aki inilah kamu bisa mengatasi kerusakan dengan mudah dan cepat. Alih-alih harus mencari bengkel terlebih dahulu.

2. Untuk Menjaga Keamanan dan Keselamatan Mobil

Fungsi kedua adalah untuk menjaga keamanan dan keselamatan mobil serta kamu sebagai pengendara. Kita ambil contoh saja segitiga pengaman mobil. Tahukah kamu fungsi peralatan darurat satu ini? Segitiga pengaman mobil digunakan untuk memberitahu pengendara lain yang melintas kalau mobil sedang berhenti untuk perbaikan. Segitiga pengaman mobil ini biasanya akan diletakkan sekitar satu hingga dua meter di belakang mobilmu sehingga pengendara lain bisa melihat dengan jelas.

Kalau tidak menggunakan segitiga pengaman mobil ini, pengendara lain bisa jadi tidak melihat mobilmu. Selain itu bisa ada resiko terjadinya tabrakan karena pengendara lain yang tidak memerhatikan mobilmu yang sedang berhenti. Maka dari itu, peralatan seperti segitiga pengaman mobil bisa dikatakan sebagai penjaga keamanan dan keselamatan mobil.

3. Untuk Memudahkan Pengendara

Fungsi peralatan darurat yang ketiga adalah untuk memudahkan pengendara. Terlepas dari perbaikan dan segi keselamatan, peralatan pada mobil juga bisa kamu gunakan untuk memudahkanmu sebagai pengendara. Contohnya adalah kunci-kuncian, obeng, dan tang yang termasuk peralatan darurat.

Peralatan ini tidak hanya bisa kamu gunakan untuk memperbaiki bagian tertentu pada mobil namun juga bisa kamu gunakan untuk keperluan lain. Kamu bisa memasang aksesoris, melepas dan memasang bagian mobil tertentu, dan masih banyak lagi. Bahkan kalau ada pekerjaan rumah yang membutuhkan alat ini, kamu hanya perlu mengambil peralatan ini di mobil dan menggunakannya. Praktis dan bermanfaat sekali bukan?

Peralatan Keamanan Mobil Untuk Keselamatan Kamu!

peralatan keamanan mobil

Siapa yang di sini tidak mempunyai peralatan keamanan di mobilnya? Kamu salah satunya? Jangan sampai seperti itu ya! Peralatan keamanan mobil merupakan hal yang penting untuk kamu miliki. Pasalnya peralatan keamanan ini bisa menunjang dan menjaga keamanan kamu sebagai pengguna. Lantas peralatan keamanan mobil itu yang mana saja? Banyak! Terdapat banyak sekali jenis peralatan keamanan khusus mobil yang bisa kamu bawa di dalam mobil kamu selain dari peralatan keamanan yang memang ada di dalam mobil.

Peralatan keamanan bawaan sendiri seperti sabuk pengaman, air bag, anti lock braking system (ABS), dan masih banyak lagi. Di sisi lain peralatan keamanan eksternal yang bisa kamu bawa di dalam mobilmu adalah tali derek, segitiga pengaman mobil, alat pemadam kebakaran, kotak P3K, dan masih banyak lagi. Supaya menambah wawasanmu soal peralatan keamanan, kamu bisa cek tulisan di bawah ini soal fungsi peralatan keamanan.

3 Fungsi Peralatan Keamanan Mobil Untuk Kamu Pengguna Mobil

Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya, peralatan keamanan pada mobil memiliki peranan yang sangat penting. Fungsi dan kegunaanya juga banyak sehingga kamu tidak boleh meremehkannya lagi. Adapun tiga fungsi peralatan keamanan adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi Masalah Tidak Terduga

Fungsi pertama dari peralatan keamanan adalah untuk mengatasi masalah yang tidak terduga. Hal ini berlaku untuk keamanan mobil internal maupun eksternal. Untuk peralatan keamanan internal seperti sabuk pengaman dan air bag, mereka memiliki fungsi yang berbeda. Sabuk pengaman sendiri berfungsi agar pengemudi atau penumpang tetap pada tempat duduknya kalau terjadi tabrakan atau benturan.

Kalau tidak menggunakan sabuk pengaman, penumpang memiliki resiko terlempar ke luar mobil. Sama halnya dengan air bag. Air bag berfungsi untuk menghindari benturan penumpang dengan dashboard kabin depan dan juga menahan penumpang tetap pada tempatnya. Jadi masing-masing peralatan keamanan memiliki fungsi pada keadaan yang berbeda-beda.

2. Menunjang Keselamatan Berkendara

Fungsi peralatan keamanan yang kedua adalah untuk menunjang keselamatan berkendara. Hal ini sebenarnya masih selaras dengan fungsi pertama. Namun kali ini kita contohkan pada peralatan keamanan eksternal. Peralatan keamanan eksternal sendiri seperti tali derek, segitiga pengaman mobil, alat pemadam kebakaran, dan masih banyak lagi. Segitiga pengaman mobil sendiri digunakan untuk memberitahukan pengendara lain yang melintas kalau mobilmu sedang berhenti.

Bayangkan saja kalau mobil kamu mogok di pinggir jalan dan kamu tidak menggunakan segitiga pengaman. Pengendara lain yang melintas bisa saja tidak melihat mobilmu yang sedang berhenti dan mengakibatkan tabrakan. Kamu tentunya tidak mau hal seperti ini terjadi bukan? Maka dari itu, peralatan keamanan seperti ini bisa menunjang keselamatanmu saat berkendara.

3. Menjaga Keamanan Kendaraan

Fungsi terakhir adalah menjaga keamanan kendaraan. Masih sama dengan fungsi pertama dan kedua, namun kali ini akan dicontohkan pada peralatan keamanan lainnya. Contoh saja alat penahan ban mobil. Alat penahan mobil sendiri berfungsi untuk menahan ban agar tetap diam di tempat sehingga mobil tidak bergerak maju atau mundur.

Alat ini biasanya digunakan pada saat mobil mogok di tanjakan atau turunan. Kamu tidak bisa mengandalkan tuas rem saja karena bisa jadi sangat berbahaya. Bahaya yang ditimbulkan bukan hanya untuk mobilmu sendiri tapi juga untuk kendaraan lain dan orang sekitar. Maka dari itu gunakanlah alat penahan ban mobil.

Nah sekarang kamu jadi semakin tahu soal pentingnya peralatan keamanan mobil bukan? Jadi jangan lupa bawa peralatan keamanan seperti ini di dalam mobilmu ya!

Perkakas Mobil Untuk Perbaikan Mobil Lebih Cepat

peralatan keamanan mobil

Kerusakan pada mobil adalah salah satu momen yang tidak bisa ditebak apalagi diperkirakan kapan akan terjadi. Jika kerusakan mobil terjadi maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah memperbaikinya. Perbaikan pada mobil rusak membutuhkan beragam peralatan dan sering kali hal tersebut membuatmu harus membawanya ke bengkel. Yuk gunakan perkakas mobil untuk perbaikan lebih cepat.

Tetapi jika kejadian mobil mogok di tempat yang asing bahkan sepi dari hiruk pikuk maka satu-satunya cara adalah kamu harus bisa melakukan pemeriksaan terhadap kerusakan mobilmu dengan membuka sejumlah komponennya. Untuk membuka sejumlah komponen tersebut dibutuhkan perkakas mobil agar perbaikan menjadi lebih cepat.

Perkakas merupakan perangkat yang akan membuat pekerjaan untuk memperbaiki mobilmu yang rusak menjadi lebih cepat. Mustahil rasanya jika harus melakukan perbaikan pada mobil yang rusak tanpa menggunakan perkakas mobil. Kamu tidak akan bisa membuka sejumlah komponen yang dikaitkan dengan mur dan baut. Belum lagi jika yang mengalami masalah adalah kondisi ban mobilmu, maka mau tidak mau kamu harus menggantinya di tempat.

Akan sangat berbahaya jika kamu menggunakan ban mobil yang sudah bocor, karena bisa menyebabkan kecelakaan. Kamu bisa langsung mengatasinya dengan sigap jika kamu memiliki sejumlah perkakas yang mendukung. Kamu juga tidak perlu mencari pinjaman sehingga perbaikan menjadi lebih cepat dan tidak bertele-tele.

Fungsi Dari Memiliki Perkakas Mobil Yang Harus Kamu Ketahui

Memiliki perkakas mobil di dalam mobil dan dibawa setiap waktu tentunya terdapat alasan yang mendasarinya. Perkakas untuk mobilnya memberikan banyak manfaat dan bisa digunakan dalam waktu yang tidak terduga. Secara garis besar setidaknya ada dua fungsi utama dari perkakas untuk mobil yang harus kamu ketahui. Fungsi-fungsi dari perkakas ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai keadaan dan di mana saja. Selama kamu membawa perkakas maka kamu bisa menggunakan fungsinya secara maksimal. Penjelasan di bawah ini akan menjelaskan fungsi utama dari memiliki perkakas mobil.

  • Perawatan

Fungsi pertama dari memiliki mobil dan diletakkan di dalam mobil adalah untuk perawatan. Kamu bisa melakukan perawatan terhadap sejumlah komponen baik itu pada mobil maupun di dalam rumah. Jika di dalam rumah perawatan yang bisa kamu lakukan adalah mengeraskan tautan baut dan mur pada sejumlah komponen.

Komponen mobil seiring dengan pemakaian pasti akan longgar dan harus kembali dikeraskan agar tidak terlepas atau bahkan sistem kerjanya menjadi tidak maksimal. Jika digunakan di rumah, perkakas mobil ini dapat digunakan untuk melakukan perawatan terhadap sejumlah barang-barang rumahan.

  • Perbaikan

Perbaikan merupakan fungsi yang bisa kamu manfaatkan selanjutnya. Perkakas untuk fungsi dasarnya memang ditujukan untuk memperbaiki. Pada mobil sering kali menjadi penyelamat ketika kerusakan mobil melanda. Kamu dapat dengan mudah membuka komponen mobil dan memperbaikinya menggunakan perkakas. Kamu juga bisa mengganti ban mobil menggunakan perkakas ini. Sehingga fungsi perbaikan dari perkakas tidak perlu diragukan lagi.

Fungsi dari perkakas mungkin terlihat sedikit tetapi manfaat yang diberikan dengan kehadiran perkakas pada mobil maupun rumah bisa menyelamatkanmu dari beragam kerusakan dan kepanikan yang tiba-tiba datang menyergap karena mobilmu tidak mau hidup atau ban mobilmu bocor.

Fungsi tersebut dapat kamu maksimalkan jika kamu juga mengetahui beragam manfaat dari setiap perkakas tersebut. Perkakas tersebut juga harus kamu rawat dengan baik agar kamu bisa tetap menggunakan perkakas tersebut dengan baik dan sesuai dengan fungsinya.

Aksesoris Velg Ban Mobil yang Perlu Kamu Ketahui!

aksesoris velg ban mobil

Apakah kamu tahu soal fungsi velg ban mobil? Velg ban mobil sendiri merupakan kerangka ban yang biasanya terbuat dari besi atau alumunium alloy. Velg ban mobil pada umumnya berfungsi sebagai tempat ban dan sebagai tumpuan seluruh beban mobil. Maka dari itu, kamu tidak boleh menyepelekan velg ban dan ban ini sendiri. Tanpa adanya kedua komponen ini, mobilmu tidak akan berarti apa-apa. Yuk gunakan aksesoris Velg ban mobil terbaru.

Selain itu, dikarenakan terletak di bawah dan tidak selalu kontak dengan pengemudi, bagian velg ban seringkali diabaikan. Sebagai pemilik mobil yang baik, kamu harus tetap memperhatikan bagian velg ban mobil ini ya! Kamu harus melakukan perawatan dan pengecekan velg ban mobil agar tetap dalam kondisi yang bagus. Untuk tahu lebih banyak soal velg ban mobil, kamu bisa cek tulisan di bawah ini. Di bawah ini kamu akan diinformasikan mengenai beberapa fungsi velg ban mobil.

3 Fungsi Aksesoris Velg Ban Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak hanya sebagai tumpuan bobot mobil, velg ban mobil memiliki peranan lain yang cukup penting. Peranan ini pastinya harus kamu ketahui agar kamu sadar betapa pentingnnya velg ban dalam sebuah mobil. Berikut ini adalah tiga fungsi aksesoris velg ban mobil yang harus kamu ketahui.

1. Sebagai Dudukan Ban Mobil

Fungsi pertama velg ban mobil adalah sebagai dudukan mobil. Seperti yang sudah kamu ketahui kalau ban terbuat dari karet yang tidak mungkin berdiri dan berputar tanpa adanya kerangka. Apalagi harus menumpu seluruh bobot mobil yang sangat berat. Maka dari itu velg ban hadir. Velg menjadi kerangka dan dudukan ban mobil sehingga ban bisa berfungsi secara sempurna. Tanpa adanya velg ini, ban tidak bisa berputar dan menumpu berat mobil secara keseluruhan. Maka dari itu, velg dan ban sudah menjadi pasangan yang tidak bisa dipisahkan.

2. Sebagai Tumpuan Bobot Mobil

Fungsi kedua dari velg adalah sebagai tumpuan bagi bobot mobil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, velg menjadi kerangka bagi ban mobil. Dengan begitu ban bisa berputar dan menampung bobot mobil secara sempurna. Sama halnya dengan velg. Telah menjadi satu kesatuan dengan ban mobil, velg berfungsi untuk menumpu seluruh bobot mobil.

Maka dari itulah kamu harus memilih dan menggunakan produk velg terbaik karena seluruh tumpuan bergantung pada velg dan ban ini. Velg bawaan pabrik sebenarnya sudah didesain sedemikian rupa agar mampu menumpu bobot mobil. Namun velg ban custom yang beredar di pasaran harus kamu cek terlebih dahulu kualitasnya sebelum kamu beli dan pasang di mobil kamu. Jadi pastikan untuk menggunakan velg ban terbaik karena velg akan menampung seluruh bobot mobil kamu.

3. Sebagai Aksesoris Mobil

Fungsi velg yang ketiga adalah sebagai aksesoris mobil. Kok bisa? Tentunya bisa. Kalau sudah sudah lama bergelut di bidang otomotif, kamu pasti tahu kalau velg ban menjadi sasaran utama modifikasi. Dengan menggunakan velg ban custom yang keren kamu bisa mengubah tampilan mobilmu menjadi lebih menarik dan beda dari yang lainnya. Maka dari itulah, velg bisa merangkap fungsi sebagai aksesoris mobil.

Apalagi velg ban bisa terlihat dengan jelas karena berada di sisi terluar mobil dan memiliki jumlah empat buah. Saat melenggang di jalanan, velg ban yang keren ini akan terlihat beda dan menarik.

Nah kamu jadi tahu bukan soal fungsi velg ban mobil. Jadi rawat dan perhatikan bagian velg ban mobilmu agar mobil bisa berfungsi dengan baik ya!

Kaca Spion Mobil Bantu Berkendara Jadi Lebih Mudah

kaca spion mobil

Mengendarai mobil dengan mudah dan aman tentu menjadi impian semua orang. Mengendarai mobil terbilang cukup mudah jika kamu melakukannya secara hati-hati. Hati-hati adalah salah satu kunci untuk bisa berkendara secara mudah dan aman. Hal lain yang harus kamu perhatian agar berkendara semakin mudah adalah memperhatikan kualitas komponen mobil. Komponen mobil yang kamu gunakan harus diperhatikan kualitas dan kondisinya pada saat digunakan. Yuk gunakan kaca spion mobil untuk lebih mudah berkendara.

Tujuannya adalah untuk membuat berkendara menjadi lebih mudah dan aman. Salah satu komponen yang membuat berkendara menjadi lebih mudah adalah kaca spion mobil. Kaca spion membuat berkendara menjadi lebih mudah dan aman. Maka dari itu, selalu pastikan bahwa kaca spion berada dalam kondisi yang baik.

Kaca spion membantu kamu untuk bisa melihat sekitar sehingga berkendara menjadi lebih mudah. Kamu tidak harus menengok ke belakang untuk melihat kondisi di belakang mobilmu. Kamu cukup melihat samping kanan atau kiri untuk melihat sisi samping dan untuk melihat sisi tengah kamu bisa melihatnya melalui kaca spion tengah. Kamu bisa tetap melihat ke depan sambil mengemudi.

Tugasmu saat mengemudi adalah harus membagi fokus penglihatan sehingga semua bagian atau semua sisi dapat terlihat dengan baik terutama ketika kamu ingin berpindah lajur. Manfaatkan kaca spion mobil dengan baik dan ketahui fungsi lain dari kaca spion selain untuk memudahkan berkendara. Dengan begitu kamu bisa lebih maksimal menikmati kemudahan yang diberikan melalui kehadiran kaca spion.

Fungsi Kaca Spion Mobil Yang Harus Kamu Tahu

Kaca spion memiliki banyak fungsi yang tidak banyak diketahui. Fungsi dari kaca spion mobil ini jika bisa dimanfaatkan dengan baik akan membuat kamu lebih mudah untuk berkendara dan tentunya kamu akan lebih aman dengan berkendara. Kamu harus memanfaatkan fungsi dari kaca spion secara teliti dan maksimal agar cara berkendara kamu tidak merugikan orang lain. Beberapa penjelasan mengenai fungsi kaca spion bisa kamu simak pada penjelasan di bawah ini.

  • Mencegah Kecelakaan

Keberadaan kaca spion akan membantumu untuk mencegah terjadinya kecelakaan terutama jika kamu ingin berbelok, putar arah ataupun pindah lajur. Kaca spion juga bisa membuatmu terhindar dari kecelakaan karena dengan melihat kaca spion kamu bisa memperkirakan kapan harus memberikan tanda untuk berpindah posisi saat berkemudi. Sebelum memberikan aba-aba untuk berpindah posisi kepada pengendara lain alangkah baiknya jika kamu memperhatikan posisi pengendara lain melalui kaca spion.

  • Memudahkan Saat Parkir

Pada saat memarkir mobil kamu harus melihat ke sisi kanan, kiri dan belakang. Pada saat seperti ini fungsi kaca spion benar-benar harus dimanfaatkan karena sangat mustahil kamu bisa menengok ke beberapa sisi sekaligus. Sehingga kamu bisa memanfaatkan fungsi dari kaca spion ini pada saat memarkir mobil.

  • Memudahkan Melihat Bagian Belakang

Kaca spion pada mobil telah dilengkapi dengan spion tengah yang akan memudahkan untuk melihat posisi belakang mobil. Sehingga kamu bisa mengetahui apa yang ada di belakang mobilmu hanya dengan melihat kaca spion pada bagian tengah tersebut.

  • Pedoman Posisi Kendaraan

Fungsi yang keempat adalah menjadi pedoman untuk memposisikan mobil. Kamu bisa melihat ruang yang tersisa pada saat mobil melintas. Apakah sisi kanan, samping dan bagian belakang masih memiliki ruang yang luas untuk mobilmu bisa dilihat melalui kaca spion.

Fungsi kaca spion jika dimaksimalkan dengan baik akan menjadi alat bantu mengemudi yang pas. Kamu tidak perlu sering-sering menengok karena kamu hanya perlu melihat ke arah spion dan berkemudi menjadi lancar. Selalu periksa kebersihan, posisi dan kaitan dari kaca spion sebelum berkendara.

Aksesoris Knalpot Mobil Memiliki Fungsi Penting Ini!

aksesoris knalpot mobil

Knalpot memiliki banyak sekali bagian dan komponen yang harus kamu perhatikan. Bagian dan komponen ini pun memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Contoh saja, mesin merupakan komponen utama yang berada di dalam sebuah mobil. Mesin bisa dikatakan sebagai jantung mobil dan berfungsi untuk menghasilkan tenaga penggerak mobil. Yuk cobain aksesoris knalpot mobil terbaik.

Di sisi lain ada ban yang berfungsi sebagai tumpuan kerangka mobil dan media agar mobil bisa bergerak. Namun ada satu komponen yang kerap dilupakan karena tidak terlalu kelihatan nih! Komponen tersebut adalah knalpot mobil. Knalpot mobil mempunyai peranan penting yang harus kamu ketahui loh! Bukan hanya sekedar mengeluarkan asap dan bunyi yang nyaring, knalpot memiliki fungsi yang jauh lebih banyak dari itu.

Kamu penasaran? Untuk tahu lebih banyak soal fungsi aksesoris knalpot mobil, kamu bisa cek lebih banyak pada tulisan di bawah ini.

3 Fungsi Aksesoris Knalpot Mobil Yang Harus Kamu Ketahui

Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya, knalpot tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan asap dan bunyi yang nyaring. Ia memegang peranan penting yang jauh lebih banyak dari itu. Tanpa basa basi lebih lama, berikut adalah tiga fungsi aksesoris knalpot mobil yang harus kamu ketahui!

  1. Sebagai Jalur Pembuangan Asap Pembakaran

Fungsi penting pertama dari knalpot pastinya adalah sebagai jalur pembuangan asap pembakaran. Seperti yang kamu tahu, mesin menghasilkan tenaga dengan menggunakan bahan bakar. Proses ini akan menghasilkan asap yang harus dibuang keluar mesin. Kalau tidak dikeluarkan, asap hasil pembakaran akan mengganggu kinerja mesin. Maka dari itulah knalpot ada.

Knalpot berfungsi menghantarkan asap pembakar dari dalam mesin ke luar mesin. Dengan begitu asap pembakaran tidak mengganggu performa mesin kamu. Krusial sekali bukan fungsi knalpot satu ini? Bayangkan saja kalau knalpot tidak bisa mengeluarkan asap pembakaran. Bisa-bisa mesin kamu tersendat-sendat atau bahkan mogok. Kamu tidak mau hal seperti ini terjadi bukan?

2. Sebagai Peredam Suara

Fungsi kedua dari knalpot adalah sebagai peredam suara. Walau kamu tahu kalau knalpot memang mengeluarkan suara yang cukup berisik, namun ternyata knalpot malah sudah meredam suara yang ada loh! Proses pembakaran di dalam mesin dan proses pengeluaran asap dari mesin akan menghasilkan suara yang cukup memekakan telinga.

Namun kalau asap pembakaran keluar melalui knalpot, suara yang dihasilkan akan teredam dan tidak akan seberisik aslinya. Jadi, suara yang dihasilkan knalpot saat mengeluarkan asap itu sebenarnya sudah teredam. Bayangkan saja kalau knalpot tidak meredam suara proses asap keluar. Bisa-bisa tetangga kamu marah-marah karena mobil mengeluarkan suara yang berisik!

3. Sebagai Pendongkrak Performa Mesin

Fungsi terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah knalpot sebagai pendongkrak performa mesin. Knalpot sendiri memiliki banyak sekali bagian terpisah seperti header, chamber, muffler, katup, dan masih banyak lagi. Konfigurasi yang tepat dari semua komponen knalpot ini akan menghasilkan proses pembuangan asap atau gas secara efisien dan sempurna. Kalau asap sudah terbuang secara sempurna otomatis kinerja mesin akan semakin baik pula (karena asap telah dikeluarkan dengan sempurna). Maka dari itulah bisa dikatakan kalau knalpot bisa menambah performa mesin mobil kamu.

Yang perlu kamu lakukan untuk merasakannya adalah dengan mengatur posisi semua komponen knalpot dengan tepat dan memilih produk terbaik. Nah dari semua fungsi knalpot di atas, fungsi mana yang baru kamu ketahui? Sekarang kamu jadi bisa tahu lebih banyak soal fungsi knalpot bukan?

Aksesoris Bumper Mobil Untuk Aman & Estetika Mobil

aksesoris bumper mobil

 Memberikan perlindungan pada barang yang dimiliki adalah sebuah kewajiban terlebih jika barang tersebut adalah barang kesayangan. Sudah tentu kemauan untuk menjaganya semakin besar. Hal semacam itu juga dilakukan pada mobil kesayangan. Mobil kesayangan sudah tentu akan dirawat dan dijaga dengan baik setiap sudutnya dan tidak akan dibiarkan tergores sedikitpun. Apalagi jika bagian-bagian dari mobilmu sudah dimodifikasi sesuai dengan keinginanmu. Yuk gunakan aksesoris bumper mobil terbaik.

Pasti bagian-bagian tersebut akan mendapatkan perhatian lebih. Bumper mobil adalah salah satu bagian dari komponen mobil yang kerap mendapatkan perhatian lebih terutama ketika melakukan modifikasi. Perhatian lebih pada bumper mobil bagian depan dan belakang dikarenakan bumper adalah salah satu citra pembentuk dari mobil. Maka tidak heran jika aksesoris bumper juga menjadi salah satu komponen yang wajib ada ketika modifikasi bumper terjadi.

Keberadaan aksesoris bumper pada saat modifikasi berlangsung mampu memberikan sentuhan keindahan sekaligus menjadi perlindungan bagi bumpermu dari goresan atau benturan. Tentu kamu tidak ingin jika bumper mobil yang sudah dimodifikasi mengalami goresan atau lecet karena hal tersebut dapat mengganggu tampilan mobil sekaligus dapat merusak suasana hatimu sebagai pemilik.

Kamu bisa meminimalisir hal tersebut dengan menggunakan aksesoris bumper sekaligus kamu juga bisa menambah tampilan bumper menjadi lebih menarik. Untuk menambah perlindungan dan meningkatkan penampilan mobilmu, kamu bisa menggunakan beberapa aksesoris bumper mobil sekaligus. Tetapi sebelum menggunakan beragam aksesoris bumper ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja fungsi dari penggunaan aksesoris bumper tersebut.

Fungsi Menggunakan Aksesoris Bumper Mobil

Kehadiran aksesoris bumper memberikan beberapa fungsi pada mobilmu terutama pada bagian bumper itu sendiri. Fungsi-fungsi tersebut terkadang tidak kamu sadari tetapi memberikan dampak yang baik bagai komponen mobilmu. Maka dari itu, jika kamu sudah menggunakan atau akan menggunakan aksesoris bumper sebaiknya mencari tahu secara garis besar apa saja fungsi dari penggunaan tersebut. Pada penjelasan berikut ini kamu bisa mengetahui fungsi dari penggunaan aksesoris bumper pada mobil secara garis besar.

  • Estetika

Fungsi utama dari penggunaan aksesoris bumper adalah untuk keperluan estetika. Penambahan aksesoris disadari atau tidak memberikan efek untuk membuat bumper dan mobilmu menjadi lebih cantik atau lebih menarik. Dalam penambahan aksesoris pada bumper mobil untuk fungsi estetika kamu juga harus memperhatikan kapasitas dan kesiapan mobilmu dalam menerima aksesoris tersebut. Usahakan jangan menggunakan aksesoris yang berlebihan sehingga kesan cantik atau indah dari penambahan aksesoris tersebut benar-benar terlihat dan terfokus.

  • Perlindungan

Fungsi kedua yang akan kamu dapatkan dari menggunakan aksesoris pada bumper mobil adalah sebagai bentuk perlindungan terhadap komponen-komponen lain yang melingkupi bumper. Perlindungan tersebut dimaksudkan untuk menghindarkan bumper dari goresan dan kerusakan selama pemakaian mobil. Khusus untuk memaksimalkan fungsi ini kamu harus benar-benar memilih jenis aksesoris yang berkualitas agar perlindungan yang diberikan maksimal.

Menggunakan aksesoris pada bumper mobil harus dilakukan secara selektif agar aksesoris tersebut bisa sesuai dengan desain bumper yang kamu gunakan. Kamu juga harus memperhatikan tingkat keamanan aksesoris yang kamu gunakan jika dipasang di mobilmu karena aksesoris setiap jenis mobil berbeda-beda berganti pada spesifikasi dari mobil tersebut.

Jika kamu ingin mendapatkan fungsi yang maksimal maka pahamilah dulu spesifikasi dan karakter dari mobilmu sebelum melakukan pemasangan aksesoris pada bumper mobil. Selalu gunakan aksesoris yang sudah terpercaya agar tidak menyebabkan gangguan di kemudian hari.

Pelindung Pintu Mobil dan Ketahui Fungsinya!

pelindung pintu mobil

Apakah pintu mobil kamu sering terbentur? Benturan tersebut menyebabkan pintu mobil kamu lecet dan penyok? Jangan khawatir! Sekarang sudah ada produk bernama pelindung pintu mobil. Pelindung pintu mobil merupakan produk yang dirancang khusus untuk melindungi pintu mobil kamu! Produk ini sudah bisa kamu temukan dengan mudah di toko khusus otomotif atau bahan supermarket. Produk ini bisa kamu gunakan pada pintu mobilmu.

Mulai dari pintu pengemudi, pintu penumpang, sampai pintu bagasi. Semua bagian pintu bisa kamu lindungi dengan pelindung ini. Produk pelindung ini sendiri memiliki banyak sekali fungsi dan tidak hanya untuk melindungi pintu kamu saja. Kamu penasaran? Cek informasi soal fungsi pelindung pintu pada mobil di bawah ini!

Beberapa Fungsi Pelindung Pintu Mobil yang Harus Kamu Ketahui

Pelindung pintu pada mobil memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan. Fungsi dan kegunaan yang banyak ini pastinya bisa membawa keuntungan bagi kamu sebagai pengguna mobil. Satu produk dengan berbagai fungsi pastinya bisa membuat kamu merasa untung membeli produk tersebut. Tanpa basa basi lebih banyak, berikut adalah beberapa fungsi pelindung pintu.

1. Melindungi Permukaan Pintu Mobil Dari Benturan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pelindung pada mobil berfungsi untuk melindungi pintu dari benturan yang bisa saja terjadi. Pintu mobil sendiri berfungsi sebagai akses penumpang dan pengemudi keluar masuk mobil. Maka dari itu, pintu mobil akan sering kali terbuka dan tertutup. Proses inilah yang biasanya akan menyebabkan pintu mobil rentan akan benturan.

Entah itu benturan ke dinding, ke kendaraan lain, ke tiang, atau ke benda lainnya yang berada di sekitar mobil. Bagian pertama yang akan terkena benturan ini adalah sisi terluar pintu mobil dekat gagang. Maka dari itu, pelindung pintu biasanya akan dipasangkan pada bagian tersebut.

2. Menjaga Celah Pintu Mobil Agar Tetap Rapat

Fungsi kedua dari pelindung pintu pada mobil adalah untuk membuat celah pintu mobil menjadi lebih rapat. Pintu sendiri pastinya masih memiliki celah dimana udara masih bisa keluar masuk. Celah kecil ini bisa memungkinkan suara bising dari luar masuk atau bahkan debu serta partikel kecil lainnya masuk ke dalam mobil.

Nah dengan menggunakan pelindung pintu ini, kamu bisa meminimalisir celah yang ada pada pintu kamu. Dengan begitu pintu menjadi lebih rapat, kabin mobil jadi lebih kedap udara, dan kotoran serta partikel lainnya tidak akan masuk dengan mudah ke dalam mobil kamu. Bermanfaat sekali bukan pelindung pintu pada mobil ini?

3. Melindungi Barang lain Di Sekitar Pintu Mobil

Fungsi pelindung pada mobil yang terakhir adalah dapat melindungi barang lain yang ada pada sekitar mobil milikmu. Fungsi berkaitan pada fungsi pertama yang sudah dibahas. Seperti yang sudah dibahas pada fungsi pertama, pelindung pintu bisa melindungi pintu mobilmu agar tidak lecet dan tergores karena benturan.

Hal ini selaras dengan memberikan perlindungan pada barang yang membentur pintu mobilmu. Misalnya saja kendaraan lain yang parkir di sebelahmu. Dengan begitu, pada saat benturan terjadi mobilmu atau mobil lainnya tidak akan mengalami kerusakan apapun.

Jadi kamu tidak perlu khawatir pemiliknya marah apalagi harus ganti rugi. Menarik sekali bukan? Setelah mengetahui semua fungsi pelindung pada mobil ini, kamu tertarik untuk beli salah satunya?

Cover Mobil & Fungsi-Fungsinya Berikut Ini!

cover mobil

Supaya bisa menjadi pengguna kendaraan yang baik, kamu wajib merawat kendaraan milikmu. Mau itu kendaraan roda dua seperti sepeda motor ataupun kendaraan roda empat seperti mobil. Untuk mobil sendiri, perawatan yang dilakukan bisa memakan waktu yang sedikit lebih lama dari perawatan yang dilakukan pada kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan mobil memiliki banyak sekali bagian dan komponen. Mobil memiliki banyak bagian yang harus kamu bersihkan dan rawat secara teratur. Cara membersihkan kedua bagian ini pun berbeda. Yuk simak tentang cover mobil selengkapnya.

Selain membersihkan, kamu juga perlu memberikan perlindungan lain. Untuk kamu pemilik kendaraan roda empat, kamu datang ke tempat yang tepat. Di sini, kamu akan diinformasikan mengenai fungsi produk cover mobil yang akan melindungi mobil kamu. Informasi penting seperti ini jangan sampai kamu lewatkan. Dengan begitu kamu bisa menerapkan ilmu di dalamnya pada mobil milikmu. Jadi, mobil milikmu bisa memiliki kabin mobil yang cantik, bersih, dan terawat. Tanpa basa basi lebih panjang, ayo cek penjelasan lengkapnya di bawah ini.

3 Fungsi Cover Mobil Yang Harus Kamu Ketahui

Terdapat banyak sekali kegunaan dan fungsi dari menggunakan cover mobil. Produk cover ini tidak hanya digunakan untuk menutupi permukaan mobilmu saja namun lebih dari itu. kamu penasaran? Berikut ini adalah tiga fungsi cover yang harus kamu ketahui

1. Menjaga Permukaan Mobil Agar Tidak Cepat Kotor

Fungsi pertama dari sebuah cover untuk mobil adalah untuk melindungi permukaan mobil agar tidak mudah kotor. Apalagi kalau kamu sering menggunakan mobilmu dan memarkirkannya di luar ruangan. Udara yang kotor, debu, sinar matahari, dan partikel lainnya bisa membuat mobil cepat kotor.

Mobil yang cepat kotor akan membuat penampilan mobilmu menurun dan kamu harus mencuci mobilmu kembali. Kalau kamu tidak ingin hal seperti ini terjadi, kamu bisa menggunakan sarung untuk mobil ini. Dengan menggunakan cover untuk menutupi mobilmu, kamu bisa mendapatkan perlindungan dari hal yang membuat mobil cepat kotor.

2. Melindungi Mobil Dari Goresan

Fungsi kedua dari cover mobil adalah dapat melindungi permukaan cat mobil dari goresan-goresan. Mobil yang sering diparkirkan di luar ruangan sangat rentan terhadap kerusakan khususnya pada permukaan cat itu sendiri. Goresan, baret, dan kerusakan jenis lainnya bisa saja terjadi saat kamu meninggalkan mobilmu yang terparkir di luar ruangan.

Goresan kecil seperti ini memang tidak kasat mata, namun kalau terus terjadi kamu akan mendapati permukaan cat mobil yang tidak rata dan kusam. Pastinya kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan cover untuk mobil. Maka dari itu, kamu tidak bisa meremehkan kegunaan cover mobil ini lagi.

3. Menjaga Mobil dari Paparan Sinar Matahari

Fungsi terakhir dari cover atau sarung mobil adalah untuk melindungi mobil dari paparan sinar matahari. Lagi-lagi, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat permukaan cat mobil jadi kusam atau bahkan terkelupas. Kamu pasti tidak mau hal seperti ini terjadi bukan? Belum lagi biaya cat ulang mobil tidak murah.

Maka dari itu kamu bisa menggunakan cover pada mobilmu agar sinar matahari tidak mengenai permukaan cat secara langsung. Selain itu, panas dari matahari juga tidak akan masuk ke dalam mobilmu. Jadi saat kamu ingin menggunakan mobilmu, hawa di dalam kabin mobil tidak akan panas dan gerah.

Banyak sekali bukan fungsi cover pada mobil ini? Jadi masih yakin tidak mau pakai cover untuk mobilmu?