Pelumas Mobil yang Wajib Dipahami Pemilik Kendaraan

Mungkin selama ini yang kamu tahu fungsi dari pelumas mobil hanya untuk mencintai mesin mobil saja. Padahal, ada fungs-fungsi yang sifatnya lebih spesifik yang harus kamu tahu. Dengan mengetahui betapa banyaknya fungsi dari pelumas untuk mobil, bisa saja membuat kamu kedepannya lebih rajin dalam melakukan penggantian. Simak apa saja fungsinya berikut. 

  1. Pelumas Mobil Bisa Membantu Menghemat Bahan Bakar 

Mungkin sebelumnya hal ini tidak kamu sadari, bahwasannya fungsi spesifik dari pelumas mesin kendaraan adalah untuk menghemat bahan bakar. Apa alasannya? 

Karena adanya pelumas, mesin tak perlu bekerja dengan berat. Jika mesin tak perlu melakukan kinerja berat hasilnya bahan bakar yang dibutuhkan pun bisa minim. Karena kebutuhan akan bahan bakar minim, akhirnya kamu bisa lebih hemat bahan bakar. 

Kedengarannya sangat menarik bukan? Karena fungsi ini mungkin kedepannya kamu akan lebih rajin melakukan penggantian oli karena eksistensinya yang berikan impact besar. 

  1. Mendinginkan Mesin Mobil 

Kalau fungsi yang satu ini mungkin sebelumnya sudah kamu ketahui. Bisa dikatakan sebagai fungsi utama, pelumas mobil akan mendinginkan mesin mobil. Mesin mobil yang terus bekerja akan menghasilkan kenaikan suhu, jika terus dibiarkan suhu akan terus naik dan menimbulkan masalah. Baik itu untuk orang-orang di dalam mobil maupun untuk komponen mobil yang lain. 

Ini menjadi alasan mengapa banyak merek oli mobil ditawarkan dengan kemampuan bisa menurunkan suhu mesin dengan cepat. Dengan pelumas yang kualitasnya bagus, mesin akan bekerja lebih stabil, sehingga membuat kenaikan suhunya tidak signifikan. 

  1. Membersihkan Mesin 

Ada juga fungsi lain untuk membersihkan mesin mobil. Bukan membersihkan untuk mencuci, melainkan partikel kotoran yang berpotensi menjadi kerak sehingga bisa memperburuk kerja mesin. Ya, kamu harus paham akan hal ini. Tidak menutup kemungkinan suatu tangki mobil kemasukan kotoran dan kotoran ini akan menumpuk sehingga menjadi kerak. 

Kerak ini sangat bisa mempengaruhi kinerja mesin. Untung saja ada pelumas yang salah satu fungsinya untuk membasmi kotoran-kotoran yang ada dan membersihkan kerak yang muncul di mesin. 

  1. Memberi Proteksi Mesin 

Pelumas mobil yang baik akan mencintai mesin mobil, salah satunya dibuktikan dengan teknologi dan zat yang terkandung di dalamnya. Ada zat kimia yang bisa menimbulkan korosi di bagian mesin. Jika korosi ini terjadi maka jelas saja akan menghambat efektivitas kerja mesin. 

Ada kandungan dari pelumas mesin yang bisa mencegah ini terjadi. Karenanya, kamu tak perlu khawatir mesin akan mengalami karatan atau korosi. 

  1. Melumasi Komponen Bagian Dalam Mesin 

Juga ada manfaat atau fungsi untuk melumasi komponen bagian dalam mesin. Melumasi saja akan kurang karena pastinya bagian dalam pun juga harus dilumasi dengan baik. Untungnya, yang namanya pelumas mobil ini bisa membuat komponen-komponen bagian dalam bisa tetap terkena cipratan sehingga terhindar dari beberapa masalah yang telah disebutkan pada poin sebelumnya. Gesekan juga bisa tereduksi apabila bagian dalam terlumasi dengan baik. 

Terbukti sudah bahwa oli pada mesin mobil akan memberikan impact yang besar kan. Semua kerja mobil dilakukan oleh mesin, karenanya kondisi mesin mobil harus selalu prima supaya mobil selalu bisa digunakan dengan baik. Menyadari fungsinya ada banyak, kamu pasti akan semakin rajin saja ganti oli kedepannya. Intensitas terbaik untuk mengganti oli pada mobil adalah setiap 2 minggu.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *