Pelindung Cat Mobil & Cara Merawatnya Agar Awet

Siapa yang pernah dengar tentang pelindung cat mobil? Sama seperti namanya, pelindung cat mobil berfungsi untuk melindungi cat mobil dari berbagai kerusakan supaya warnanya lebih awet. Harga dari pelindung cat mobil pun beragam, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah yang tergantung dari kebutuhan tiap individu.

Sayangnya, masih banyak orang beranggapan jika pelindung cat mobil sudah melindungi mobil secara maksimal dari berbagai kerusakan. Justru kamu tetap perlu memperhatikan kondisi mobil supaya mobil selalu terjaga dan pengaplikasian pelindung cat mobil juga tidak sia-sia

Nah berikut adalah beberapa penjelasan cara merawat mobil yang tepat setelah menggunakan pelindung cat mobil:

  1. Mencuci Mobil Secara Berkala

Tidak dapat dipungkiri jika mencuci mobil adalah salah satu hal mendasar dalam merawat mobil. Meskipun mobil kesayangan sudah menggunakan pelindung cat, mobil tetap harus dicuci dengan rutin supaya kotorannya bisa terangkat dengan maksimal.

Sebaiknya kamu mencuci mobil sebelum atau pun setelah digunakan supaya tidak ada lagi kotoran yang menempel dan menyebabkan cat memudar. Apabila kamu memang tidak punya banyak waktu, kamu bisa membawa mobil kesayangan ke pencucian mobil terdekat dengan harga yang terjangkau.

  1. Hindari Menggunakan Air Tanah

Meskipun kelihatannya sepele, kamu harus memperhatikan betul jenis air yang digunakan ketika mencuci mobil. Jangan sampai kamu mencuci mobil dengan air tanah yang justru akan menyebabkan cat mobil mengelupas. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam pada air tanah yang lama kelamaan menyebabkan body mobil rusak.

Oleh sebab itulah sebaiknya kamu menggunakan air PDAM ketika mencuci mobil. Selain tingkat keasamannya yang rendah, kotoran pada mobil akan terangkat dengan maksimal, bahkan jamur yang menempel sebelumnya. Dijamin mobil kesayangan akan terlihat lebih kinclong setelah dicuci menggunakan air PDAM!

  1. Teliti Dalam Memilih Shampo Cuci Mobil

Selain memperhatikan jenis air, kamu juga perlu memperhatikan kandungan dari shampo cuci mobil. Tidak semua shampo mengandung bahan yang aman dan kualitas shampo mobil yang berkurang hanya akan menurunkan kualitas mobil kesayangan

Tidak ada salahnya untuk memperhatikan betul kandungan dari shampo cuci mobil sebelum diaplikasikan langsung ke mobil. Salah satu ciri jika shampo mobil memang berkualitas adalah kadar pH nya yang seimbang. Kamu bisa berkonsultasi tentang hal ini pada ahlinya kok, baik bertanya pada penjaga toko atau pun mekanik yang bertugas mencuci mobil kamu.

  1. Perhatikan Bagian Mesin Mobil

Bukan hanya bagian body mobil yang perlu diperhatikan, kamu juga perlu rutin membersihkan bagian mesin mobil, sekalipun sudah menggunakan pelindung cat mobil. Hindari untuk menyemprot bagian mesin secara berlebihan karena hal ini akan menyebabkan komponen mesin berkarat.

Sebaliknya, kamu bisa membersihkan bagian mesin mobil dengan cairan pembersih yang kuat. Bisa juga kamu menambahkan vitamin engine untuk menghindari timbulnya jamur ataupun karat pada mobil kesayangan.

  1. Gunakan Lap Khusus

Layaknya memilih air ataupun shampo mobil terbaik, kamu juga perlu memperhatikan jenis lap yang digunakan. Jangan sampai kamu asal dalam memilih lap dan justru menimbulkan banyak goresan pada body mobil. Terbayang kan betapa pentingnya memilih lap?

Sebaiknya kamu menggunakan lap fiber untuk membersihkan seluruh body mobil dalam keadaan kering. Ada baiknya pula jika kamu menggunakan beberapa lap sekaligus supaya kotoran dari satu bagian mobil tidak menempel ke bagian mobil lainnya.

Sudah jelas kan bagaimana cara merawat mobil setelah menggunakan pelindung cat mobil? Semoga informasi ini membuat kamu lebih bersemangat untuk merawat mobil kesayangan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *