Peralatan Darurat Mobil Ini Tidak Boleh Diremehkan

Apakah mobil kamu sering mogok? Atau mobil kamu sering dibawa untuk perjalanan jauh sehingga butuh untuk ganti ban pada saat-saat tertentu? Kalau begini, kamu tidak perlu khawatir! Kamu hanya memerlukan peralatan darurat mobil! Seperti namanya, peralatan darurat mobil ini digunakan pada saat-saat darurat mobilmu. Bisa jadi pada saat mobil tiba-tiba mogok atau pada saat mobil butuh ganti ban cadangan.

Dengan peralatan darurat ini, kamu bisa melakukan semua hal ini sendiri tanpa harus mencari bengkel yang masih buka. Praktis sekali bukan? Maka dari itu peralatan darurat merupakan barang yang patut kamu bawa di mobilmu kapan pun kamu pergi. Jangan sampai peralatan darurat ini lupa kamu bawa dan tidak ada saat kamu membutuhkannya nanti. Untuk lebih menyakinkanmu, baca tulisan di bawah ini untuk tahu soal fungsi peralatan darurat pada mobil.

3 Fungsi Peralatan Darurat Mobil Ini Harus Kamu Ketahui!

Peralatan darurat pada mobilmu sebenarnya memiliki fungsi yang sangat banyak. Dikarenakan fungsi inilah peralatan darurat menjadi barang wajib yang harus kamu bawa saat kamu berpergian bersama mobil. Lantas apa saja fungsi peralatan darurat pada mobilmu ini? Inilah tiga fungsi peralatan darurat pada mobil yang harus kamu ketahui!

1. Untuk Mengatasi Kerusakan Pada Mobil

Fungsi pertama peralatan darurat adalah untuk bisa mengatasi kerusakan pada mobilmu. beberapa peralatan ini dibawa agar bisa membantu pengendara mobil mengatasi kerusakan-kerusakan yang terjadi. Contohnya kalau aki mobil tiba-tiba mati sehingga tidak ada suplai daya pada mobilmu, kamu harus menggunakan charger aki yang sudah termasuk peralatan darurat.

Kamu hanya perlu menyambungkan charger aki pada sumber daya listrik dan mengisi daya aki hingga selesai. Kalau aki sudah selesai diisi dayanya, kamu sudah bisa menggunakan mobilmu kembali. Dengan menggunakan charger aki inilah kamu bisa mengatasi kerusakan dengan mudah dan cepat. Alih-alih harus mencari bengkel terlebih dahulu.

2. Untuk Menjaga Keamanan dan Keselamatan Mobil

Fungsi kedua adalah untuk menjaga keamanan dan keselamatan mobil serta kamu sebagai pengendara. Kita ambil contoh saja segitiga pengaman mobil. Tahukah kamu fungsi peralatan darurat satu ini? Segitiga pengaman mobil digunakan untuk memberitahu pengendara lain yang melintas kalau mobil sedang berhenti untuk perbaikan. Segitiga pengaman mobil ini biasanya akan diletakkan sekitar satu hingga dua meter di belakang mobilmu sehingga pengendara lain bisa melihat dengan jelas.

Kalau tidak menggunakan segitiga pengaman mobil ini, pengendara lain bisa jadi tidak melihat mobilmu. Selain itu bisa ada resiko terjadinya tabrakan karena pengendara lain yang tidak memerhatikan mobilmu yang sedang berhenti. Maka dari itu, peralatan seperti segitiga pengaman mobil bisa dikatakan sebagai penjaga keamanan dan keselamatan mobil.

3. Untuk Memudahkan Pengendara

Fungsi peralatan darurat yang ketiga adalah untuk memudahkan pengendara. Terlepas dari perbaikan dan segi keselamatan, peralatan pada mobil juga bisa kamu gunakan untuk memudahkanmu sebagai pengendara. Contohnya adalah kunci-kuncian, obeng, dan tang yang termasuk peralatan darurat.

Peralatan ini tidak hanya bisa kamu gunakan untuk memperbaiki bagian tertentu pada mobil namun juga bisa kamu gunakan untuk keperluan lain. Kamu bisa memasang aksesoris, melepas dan memasang bagian mobil tertentu, dan masih banyak lagi. Bahkan kalau ada pekerjaan rumah yang membutuhkan alat ini, kamu hanya perlu mengambil peralatan ini di mobil dan menggunakannya. Praktis dan bermanfaat sekali bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *