Head Unit Mobil & Perbedaan Single DIN Double DIN

Pada bagian audio mobil, terdapat head unit yang memiliki tipe berbeda. Jadi, head unit mobil terbagi menjadi dua. Ada head unit single DIN dan double DIN. Sebenarnya perbedaan keduanya sangat basic. Kamu pun bisa melihat perbedaannya dengan sangat jelas. Head unit single DIN adalah keluaran lama yang berfungsi memutar disc atau DVD, dengan model menyerupai tape zaman dahulu. Sedangkan, head unit double DIN hadir dengan teknologi touchscreen yang mampu memainkan berbagai multimedia.

Perbedaan Ukuran

Head unit single DIN dan double DIN tentu memiliki ukuran masing-masing yang berbeda. Ukuran single DIN adalah 18×50 milimeter, sedangkan double DIN berukuran 180×100 milimeter. Ini menunjukkan bahwa head unit double DIN jelas lebih besar jika dibandingkan dengan single DIN.

Perbedaan Tampilan

Kalau kamu melihat penampilannya, perbedaan juga tampak jelas di antara kedua tipe head unit ini. Head unit single DIN terlihat sangat basic serta jadul. Sementara, head unit double DIN yang sudah di-support oleh teknologi layar sentuh terlihat lebih menarik. Di samping itu, mobil-mobil terbaru pada umumnya menggunakan head unit double DIN.

Perbedaan Fungsi

Head unit merupakan komponen aksesoris mobil untuk menikmati hiburan. Namun, ada perbedaan di antara keduanya. Single DIN cuma bisa memutar musik melalui VCD atau DVD, tampilannya pun berupa mesin tape lawas yang fiturnya sangat terbatas.

Sementara, double DIN sudah mendukung sistem mirroring dengan smartphone. Tak hanya itu, double DIN juga dilengkapi dengan fitur ekstra yang mampu menangkap kamera yang letaknya ada di samping atau belakang mobil. Jadi, kamu bisa memantaunya melalui monitor double DIN. Ini menunjukkan bahwa head unit double DIN lebih fungsional jika dibandingkan dengan single DIN.

Penggantian Head Unit

Head unit nggak selamanya harus kamu pakai. Artinya, head unit bawaan mobil bisa kamu ganti jika kamu mau. Jadi, misalnya kamu sekarang menggunakan single DIN, maka kamu bisa menggantinya jadi double DIN. Kamu takkan kesusahan dalam menggantinya, karena biasanya produsen sudah menyesuaikan desain beranda mobil, dengan memberikan ruang cukup besar. Jadi, sewaktu-waktu kamu bebas mengganti head unit.

Akan tetapi, jika kamu tidak bisa menyesuaikannya, ini berarti kamu perlu mempersiapkan bujet lebih untuk mengganti head unit kamu. Sebab, kamu benar-benar perlu memodifikasi berandanya secara keseluruhan, sehingga ada banyak hal yang harus dilakukan. Banyak penyesuaian yang harus dibuat.

Tentang Harga Head Unit

Poin sebelumnya mengantarkan kita ke kisaran harga head unit. Pada dasarnya head unit sebagai aksesoris mobil terpisah, dijual dengan harga yang terjangkau. Namun, jelas harga antara single DIN dan double DIN berbeda. Double DIN yang memiliki keunggulan fitur dan fungsinya, umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan single DIN.

Akan tetapi, kamu nggak perlu khawatir karena kedua macam head unit ini bisa didapatkan dengan mudah. Kamu bisa mengunjungi toko aftermarket atau membelinya dari toko online. Pembelian online umumnya lebih terjangkau karena sering ada diskon dan promo.

Itulah perbedaan antara head unit mobil dengan model single DIN dan double DIN. Bahkan bagi kita yang awam pun, sebenarnya perbedaan keduanya bisa dilihat dengan jelas. Perbedaan tersebut terlihat mencolok serta bisa langsung dikenali dengan mudah. Nggak cuma itu, desainnya yang fleksibel juga memudahkanmu untuk memodifikasinya sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *