Tips Belajar Mobil Agar Tidak Nervous Saat Belajar

Ada banyak orang yang nervous saat pertama kali belajar mengendarai mobil, mungkin kamu juga merasakannya. Hal ini terjadi karena belum terbiasa, wajar kalau ketakutan ini dapat terjadi dan membuat kamu grogi. Meskipun begitu, kamu jangan lelah untuk terus belajar. Ada beberapa tips belajar mobil di bawah ini yang bisa kamu coba untuk mengurangi rasa nervous saat belajar mengendarai mobil.

Belajar dengan yang Sudah Berpengalaman

Belajar dari orang yang sudah berpengalaman atau ahli dalam mengemudi sepertinya menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi rasa nervous yang kamu rasakan karena belajar dengan orang yang sudah berpengalaman akan paham dan bisa meng-handle kamu yang baru belajar mengendarai mobil. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin mengetahui teknik mengemudi secara profesional, sebaiknya kamu memilih untuk ikut kursus setir mobil. Selain mereka menyediakan pengajar yang profesional, mobil dari kursus mengendarai mobil juga menggunakan mobil yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa supaya lebih aman saat digunakan belajar mengemudi. 

Mengatur Posisi Duduk

Mengatur posisi duduk adalah hal penting yang penting kamu perhatikan saat mengendarai mobil. Pertama, aturlah ketinggian jok sehingga kamu memiliki pandangan yang luas. Sesuaikanlah ketinggian jok dengan kebutuhan pandanganmu supaya nggak terhalang oleh dashboard. Sesuaikan jarak jok dengan pedal gas, rem serta kopling. Posisi jok jangan terlalu jauh karena akan menyulitkan kakimu untuk menginjak pedal-pedal tersebut. Dengan mengatur posisi duduk, kamu bisa berkendara dengan nyaman dan maksimal. Selain mengatur posisi duduk, perhatikan juga sandaran jok apakah sudah nyaman atau belum. 

Memahami Fungsi dari Komponen Mobil

Berbagai macam komponen mobil wajib dipahami oleh pengendara supaya tidak salah dalam penggunaannya. Pertama, kamu harus memahami berbagai macam pedal yang ada di bawah. Pedal di bagian kanan merupakan pedal gas, pedal tengah rem dan pedal yang paling kiri adalah kopling. Di sebelah kiri tempat dudukmu ada tuas transmisi dan rem tangan. Tuas transmisi ini bermanfaat untuk mengatur kecepatan mobil, sementara itu rem tangan berguna saat kamu berhenti atau parkir. 

Menjalankan Mobil dengan Perlahan

Kalau sudah memahami dan menjalankan tips di atas, sekarang saatnya buat kamu untuk mencoba menjalankan mobil. Kalau kamu menggunakan mobil manual, pertama kamu harus menginjak kopling kemudian memasukkan gigi satu. Setelah itu turunkan rem tangan kemudian lepas kopling pelan-pelan bersamaan dengan menginjak pedal gas. Kalau kamu membawa mobil matic, kamu hanya perlu menurunkan rem tangan lalu menginjak gas secara perlahan. Kalau kamu masih takut melakukannya, kamu bisa sambil mendengarkan music di mobil yang akan mengurangi rasa takutmu asalkan kamu tetap fokus mengendarai mobil.

Memperbanyak Jam Terbang

Terakhir, perbanyaklah jam terbang dengan rajin berlatih. Kalau kamu sudah terbiasa, rasa takut itu sedikit demi sedikit akan hilang dan kemudian kamu sudah terbiasa. Kamu bisa berlatih mengendarai mobil sendiri di tempat sepi dan luas, contohnya di lapangan, parkiran maupun tempat lainnya. Kalau kamu masih belum terlalu percaya diri, mintalah bantuan teman maupun saudara untuk ikut menemanimu berkendara. Kalau bisa mereka yang akan menemanimu ini sudah mahir mengemudi supaya bisa membantumu menyetir saat kamu kebingungan mengendarai mobil.

 Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya nggak terlalu nervous saat belajar mengendarai mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *