Tips Membeli Mobil Bekas Sebelum Membelinya

Saat ini mobil sudah menjadi barang yang dapat dimiliki siapa saja, nggak cuman oleh orang yang kaya raya. Kamu masyarakat menengah juga bisa membeli mobil dengan harga yang ramah di kantong. Mobil kini sudah menjadi kebutuhan karena meningkatnya polusi udara yang membahayakan kesehatan sehingga banyak orang yang memilih untuk membeli mobil. Membeli mobil bekas adalah solusi paling wajar karena kamu bisa mendapatkan mobil fitur yang nyaman namun dengan harga yang terjangkau. Simak tips membeli mobil bekas ini yuk.

Membeli mobil bekas adalah salah satu alternatif untuk bisa mendapatkan kendaraan idaman dengan harga yang miring. Namun, sebelum kamu membeli mobil bekas, seharusnya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal agar kamu nggak menyesal. Membeli mobil bekas nggak melulu soal harga. Hal lainnya yang nggak kalah penting adalah mencari tahu lebih jauh soal mobil yang kamu beli. Aspek ini terkadang kurang dipertimbangkan karena konsumen seringkali tergoda dengan tampilan luar mobil yang kinclong. Membeli mobil bekas juga harus memprioritaskan soal kenyamanan. Jadi nggak cuman soal harga. Berikut adalah beberapa tips membeli mobil bekas.

Menentukan Jenis Mobil

Pertama, pilihlah jenis mobil yang akan kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu, antara lain MPV, SUV, hatchback maupun sedan. Semakin tinggi jenis mobil, maka semakin tinggi pula anggaran yang harus kamu persiapkan sehingga jenis mobil perlu disesuaikan dengan anggaran yang kamu punya. Ada beberapa jenis mobil yang bisa kamu pilih.

Mobil MPV

Kalau kamu memiliki anggota keluarga yang cukup banyak atau ketika bepergian seringkali membawa orang tua, kamu sebaiknya memilih mobil MPV dengan kapasitas tujuh penumpang. Kalau kamu membutuhkan mobil dengan kapasitas dan fungsionalitas, maka low MPV ini sudah mencukupi. Kalau kamu ingin mobil yang nyaman serta kabin yang lega, maka kamu bisa memilih Hi-end-MPV agar kamu bisa mempertimbangkan mobil MPV mana yang cocok untuk kamu beli.

Mobil SUV

Kalau kondisimu berada di jalan di daerah yang kurang baik, memilih mobil SUV yang tepat. Mobil ini didesain dengan ground clearance yang tinggi yang lebih baik dari mobil lainnya. Kalau kamu memiliki anggaran di bawah 400 juta, memilih SUV ini sudah cukup. Bahkan SUV kecil yang nggak butuh kapasitas penumpang yang banyak, memang memerlukan ground clearance tinggi untuk digunakan di kondisi jalan yang kurang baik, maka SUV crossover dapat menjadi pilihan terbaikmu. 

Mobil Hatchback

Kalau ketika bepergian kamu membawa keluarga kecilmu yang tidak lebih dari empat orang, mobil hatchback mungkin lebih cocok untuk kamu. Kalau kamu ingin mobil yang hemat bahan bakar yang fungsionalitas. Kamu yang memilih mobil hatchback non LCGC yang nyaman dan fitur. Kalau kamu ingin kabin yang lebih lega dengan kemewahan yang lebih baik. Kamu bisa memilih compact hatchback yang nggak lain adalah turunan dari jenis sedan. Namun untuk memiliki mobil jenis ini tentunya kamu harus memiliki budget yang besar juga.

Mobil Sedan

Jenis mobil lainnya yang bisa kamu pilih adalah mobil sedan. Mobil sedan ini cocok buat kamu yang mendambakan kenyamanan interior. Kenikmatan dalam mengemudi serta mesin yang punya kecepatan tinggi. Hal ini sama halnya dengan ketika kamu memilih mobil jenis hatchback. Namun, buat kamu yang nggak butuh kapasitas penumpang yang banyak, mobil sedan bisa menjadi pilihan terbaikmu.

Jangan lupa ya untuk menentukan jenis mobil mana sebelum kamu beli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *