Tips Berkendara Jarak Jauh Agar Lebih Aman

Kadang kala kamu harus melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan mobil pribadi. Semisal kamu akan mudik jauh untuk berlibur. Mengemudi mobil jarak jauh sudah pasti membutuhkan persiapan ekstra supaya perjalananmu lancar. Hal ini berbeda saat kamu melakukan perjalanan sehari-hari di sekitar tempat tinggalmu. Perjalanan jarak jauh mempunyai beberapa resiko yang bisa saja kamu alami selama berada di jalan. Resiko-resiko tersebut antara lain gangguan kendaraan sampai faktor eksternal. Tanpa persiapan yang tepat, hal-hal tersebut bisa menjadi kendala yang bisa merepotkan perjalananmu. Maka dari itu, kamu harus melakukan persiapan yang matang. Di bawah ini adalah beberapa tips berkendara jarak jauh yang bisa kamu terapkan.

Memeriksa Oli Mesin

Sebelum kamu memulai perjalanan jarak jauh, sudah seharusnya kamu memeriksa oli mesin mobilmu. Kalau kualitas mesin mobilmu dirasa telah menurun, seharusnya rutin mengganti oli mesin dengan oli yang baru. Kamu juga dapat memperhitungkan soal jarak tempuh perjalananmu nanti. Dari hal tersebut, kamu bisa mempertimbangkan apakah ingin mengganti oli sebelumnya atau saat di perjalanan.

Memeriksa Ban Mobil

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memeriksa ban mobil. Sebelum berangkat, kamu harus memeriksa kondisi ban mobilmu apakah dalam kondisi baik. Cara untuk memeriksanya adalah memastikan tekanan angin sudah dalam kondisi ideal. Kamu juga bisa membawa ban serep untuk jaga-jaga saat banmu rusak.

Memeriksa Pengereman

Mobilmu juga butuh sistem pengereman yang dapat bekerja dengan sempurna. Agar keselamatanmu selama di perjalanan terjamin, pastikan kondisi rem mobilmu sudah dalam kondisi sehat.

Memastikan Aki

Kamu juga harus memeriksa aki karena aki berhubungan dengan starter. Untuk menghindari mobil yang sulit dihidupkan saat kamu berada di tengah perjalanan jarak jauh. Oleh karena itu kamu harus memastikan kondisi dalam sehat. Sebelum berangkat, bersihkan dulu kerak-kerak yang menempel dan pastikan jumlah akimu sudah dalam jumlah cukup.

Memastikan Air Conditioner

Agar perjalananmu aman, kamu tentu ingin perjalananmu nyaman. Maka dari itu kamu juga harus memastikan keadaan AC mobilmu bekerja dengan baik. Dengan begitu selama perjalanan kamu tetap merasa sejuk berada dalam mobil. Akan tetapi kamu perlu mengingat bahwa juga membutuhkan udara segar dari luar. Sesekali bukalah jendela mobilmu untuk merasakan kesegaran udara luar. Hal ini berguna untuk sirkulasi untuk kabin mobil. Udara alami mobil dipercaya bisa meningkatkan kenyamanan pengemudi.

Memerhatikan Kondisi Fisik

Selain memperhatikan komponen mobilmu, kamu juga harus memerhatikan kondisi fisikmu. Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan terlebih dahulu keadaan tubuhmu fit supaya tetap bisa fokus ketika membawa mobil baik saat siang hari maupun malam hari.

Membawa Surat-surat Perlengkapan

Hal lainnya yang jangan sampai dilupakan adalah membawa surat-surat perlengkapan seperti STNK dan SIM. Kedua surat penting tersebut adalah surat-surat yang harus selalu kamu bawa selama perjalanan, terutama perjalanan jauh. Kamu harus membawa surat-surat tersebut sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu di jalan.

Beristirahat Ketika Lelah

Perjalanan jauh tentunya akan menguras energimu. Beristirahatlah ketika merasa lelah, berhentilah sejenak untuk beristirahat. Jangan memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan. Parkirkan sebentar mobilmu dan istirahatlah sampai tubuhmu merasa siap lagi untuk mengemudi dan meneruskan perjalanan kembali.

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa tips perjalanan yang bisa kamu lakukan agar perjalanan jarak jauhmu lancar. Semoga kamu bisa mempersiapkan perjalananmu sebaik mungkin. Ini dia tips berkendara jarak jauh agar lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *