Cara Menghilangkan Bau Mobil dengan Tips Ini

Cara menghilangkan bau di mobil cukup tricky. Pasalnya terkadang meski sudah dibersihkan baunya tetap bertahan sehingga membuat penumpang mobil tidak nyaman berkendara. Ketika hal ini terjadi tentu kamu akan mencari cara untuk dapat menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Namun kamu tidak akan merasakan bau jika melakukan perawatan yang tepat dan cepat.

Kamu bisa mencoba perawatan yang dilakukan secara berkala dan menjaga kebersihan dari mobil. Perawatan menyeluruh pada mobil diperlukan tidak hanya dari segi mesin, oli dan ban saja. Kamu juga perlu merawat kebersihan mobil. Lakukan pembersihan minimal seminggu sekali pada mobil. Jika kamu belum sempat membersihkannya secara menyeluruh seminggu sekali, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan preventif untuk menimbulkan bau.

  1. Hindari Menimbun Sampah

Tentunya kamu akan menyediakan tempat sampah di dalam mobil untuk menghindari membuang sampah sembarangan. Tempat khusus untuk membuang sampah ini umumnya berbentuk kecil dan tidak memuat banyak. Maka sempatkanlah untuk membuang sampah setiap kali kamu selesai menggunakan mobil. Tempat sampah yang sudah penuh akan membuat kamu membuang sampah sembarangan di dalam mobil.

Selain itu sampah yang menumpuk juga akan membuat mobil kamu menjadi tidak sedap jika tidak segera dibuang dan dibersihkan. Dengan begitu mobil kamu akan tetap segar dan bersih.

  1. Hindari Meninggalkan Makanan dan Minuman

Pastinya dengan memiliki kendaraan kamu pernah makan dan minum di dalam mobil. Ketika kamu makan di dalam mobil maka aroma dari makanan akan segera menyebar ke seluruh sudut. Jika terpaksa untuk makan dan minum di mobil, sebaiknya segera bersihkan mobil dari makanan yang mungkin jatuh. Karena sisa makanan dan minuman tersebut jika tidak segera dibersihkan maka akan menjadi sumber dari bau tidak sedap pada mobil.

Hal ini karena makanan adalah benda yang mudah sekali membusuk dan mengundang bakteri yang dapat memunculkan hewan kecil. Aromanya? Cukup tidak sedap untuk ukuran mobil. Oleh karena itu hindari meninggalkan makanan dan minuman pada mobil kesayangan Anda.

  1. Segera Membersihkan Mobil Setelah Dipakai

Semua orang yang memiliki mobil pasti pernah mengalami peristiwa di mana makanan dan minuman terjatuh di dalamnya. Nah, ini juga salah satu sumber dari bau tidak sedap yang ada pada mobil. Hal ini dapat terjadi misalnya kamu makan terburu-buru atau tidak sengaja tersenggol dan jatuh.

Jika kamu mengalami kondisi makan dan minum di dalam mobil, segera bersihkan mobil setelah dipakai. Sesampainya di rumah kamu bisa langsung membersihkannya dan menyemprotkan wewangian bila diperlukan. Karena bisa jadi tumpahan tersebut akan cepat mengering dan sulit untuk dibersihkan nantinya.

  1.  Nyalakan AC Berkala

Jika mobil sudah lama tidak pernah digunakan, sebaiknya kamu dapat menyalakan AC secara berkala untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Pada saat mobil sudah tidak dipakai dalam jangka waktu lama, dapat menjadi penyebab dari bau tidak sedap yang muncul. Penyebab munculnya ini berasal dari udara yang lembab serta kering yang tidak tergantikan dengan udara lainnya.

Maka diperlukan pertukaran udara dalam mobil dengan menyalakan AC selama kurang lebih 10 menit. Cukup satu kali seminggu agar sirkulasi udara di dalam mobil tetap segar dan terhindar dari bau.

Selain tips diĀ  tas, kamu juga bisa melakukan perawatan ketika mencuci mobil yakni membersihkan karpet, filter AC dan jok mobil kamu. Di sanalah sarang bakteri penyebab aroma tidak sedap pada mobil muncul dari berbagai faktor seperti makanan yang tumpah atau karena terlalu lembab. Semoga tips cara menghilangkan bau mobil ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *