Cara Irit Bensin Mobil Dengan Mengenal Bahan Bakar

Cara irit bensin mobil tentu cukup penting untuk diketahui. Salah-salah mengenali mesin dari mobil kamu, tentu akan berimbas pada borosnya bensin. Hasilnya kamu akan lebih sering mengisi bensin dari yang seharusnya. Selain itu kamu juga harus mengetahui bagaimana sistem bahan bakar yang ada pada tiap mobil. Berbeda jenis mobil sudah pasti memiliki perbedaan spesifikasi kan.

Termasuk sistem pada bahan bakar yang berbeda pula. Semakin berkembang industri otomotif, semakin berkembang pula sistem bahan bakar yang disematkan pada tiap merk dan jenis mobilnya. Jika kamu memiliki mobil tentu penasaran bagaimana bahan bakar berproses dari mulai masuk pada mesin kan? kamu dapat simak penjelasan berikut ini.

  1. Ketahui Komponen Dasar Bahan Bakar Mobil

Ada beberapa komponen mendasar yang wajib diketahui jika kamu memiliki mobil pribadi. Apapun jenis dan merknya, komponen ini cukup penting sehingga akan ada di semua mobil. Komponen pertama yakni tangki bahan bakar di mana letaknya ada di bawah kompartemen bagasi mobil. Ketika kamu mengisi bensin, kamu akan bisa melihat berapa banyak bensin yang ada di tangki tersebut. Ini karena adanya pelampung kecil dengan fungsi sebagai sensor di mana sinyal elektronik akan dikirimkan.

Komponen kedua adalah filter bahan bakar yang fungsinya adalah untuk penyaringan kotoran di mana asalnya dari bahan bakar. Sehingga injektor mobil kamu nggak mudah berkarat. Komponen ketiga adalah adanya fitur cold air di mana fungsinya cukup esensial yakni menyaring debu serta partikel. Hal ini akan membuat mobil kamu lebih efisien, selalu ganti filter dengan teratur. Komponen selanjutnya adalah diperlukan udara untuk campuran bensin agar mesin mobil dapat menyala dengan tekanan yang sesuai di mana bensin dapat digerakkan.

  1. Bahan Bakar Mengalir Melalui Injektor

Umumnya mobil yang diproduksi sekarang ini menyematkan multiport injeksi untuk bahan bakar. Di mana sistem dari multiport ini fungsinya untuk mencampur bahan bakar serta udara serentak pada setiap silinder mesin. Bahan bakar dari mobil kemudian akan didorong menggunakan pompa listrik ke injektor melalui filter.

Sistem dari injektor ini fungsinya adalah untuk membantu pergerakan mesin dengan sempurna dengan pencampuran bahan bakar dan udara yang pas. Sensor juga akan mengirimkan berapa takaran dari bahan bakar ke ECU.

  1. Sistem Bahan Bakar dan Pengapian pada Mesin

Bahan bakar yang tercampur dengan udara memiliki komponen yang cukup vital pada sistem mesinnya. Yakni adanya kepala silinder dari mesin yang akan membuka dan menutup katup agar gas buang dapat keluar. Tujuannya adalah supaya bahan bakar serta udara dapat tercampur sempurna. Kemudian rotor yang berputar secara continue ini menjadi tempat siklus yakni four stroke power layaknya pada mesin pembakaran internal.

Pada silinder inilah terdapat piston logam yang letaknya ada pada dinding silinder. Ada pula wadah untuk menampung coolant serta oli yang fungsinya untuk menjaga sirkulasi mesin agar tetap sejuk sehingga mesin dapat berputar secara normal.

  1. Supercharging dan Turbocharger

Pompa yang ada pada mesin mobil memiliki fungsinya sendiri. Supercharger berfungsi untuk memberikan udara agar masuk pada silinder mobil. Penggerak supercharger ini adalah sabuk mesin di mana dapat meningkatkan tenaga di mesin mobil.

Turbocharger hanya digunakan ketika mobil memerlukan performa yang maksimal saat berkendara dengan cepat. Hal ini karena akan boros bensin karena beban yang ditumpukan pada mesin akan cepat panas dan knalpot akan mengeluarkan asap. Sistem pembuangan juga merupakan salah satu hal penting karena bahan bakar memiliki kandungan beracun yang harus dikeluarkan. Yuk simak cara irit bensin mobil kamu dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *