Ketahui Tips Cara Mundur Di Tanjakan

Mobil matic menjadi salah satu jenis mobil yang dimiliki oleh banyak orang. Mobil matic sendiri banyak dipilih menjadi kendaraan pribadi keluarga maupun perorangan. Hal ini dikarenakan mobil matic memiliki transmisi otomatis yang membuatnya lebih mudah dikendalikan. Namun, pada beberapa medan tertentu terdapat beberapa cara berkendara yang berbeda pula. Contoh saja jalan yang menanjak. Pada jalan menanjak, membuat mobil maju maupun mundur bisa jadi tantangan tersendiri bagi pengemudinya. Ketahui tips cara mundur di tanjakan dengan mobil yuk.

Apalagi mobil sudah jalan secara otomatis. Pengemudi harus menyesuaikan tekanan gas yang diinginkan. Untuk kamu salah satu pengguna mobil matic atau bahkan seorang pemula di dunia mobil matic, ada bagusnya kamu membaca penjelasan di bawah ini. Berikut ini kamu akan diinformasikan mengenai cara mengendarai mobil matic di tanjakan khususnya cara mundur di tanjakan untuk mobil matic. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak penjelasan di bawah ini. Jangan sampai ketinggalan informasi penting seperti ini ya!

Berikut Cara Mundur Di Tanjakan Untuk Mobil Matic

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat mobil matic berjalan mundur pada jalan yang menanjak. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah cara mundur di tanjakan untuk mobil matic.

1. Posisikan Tuas Transmisi

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat mobil berjalan mundur adalah mengubah posisi tuas transmisi. Pada mobil matic, tuas transmisi memiliki pilihan P, R, N, D, dan L. Untuk mundur, tempatkan tuas pada posisi R atau Reverse. Dengan begitu, mobil akan berjalan mundur. Sebelumnya, kamu bisa menginjak pedal rem terlebih dahulu agar mobil berhenti. Selain itu kamu juga bisa menarik tuas rem tangan ke arah atas sampai mobil berhenti dengan sempurna. Setelahnya kamu bisa mengubah posisi tuas transmisi.

2. Gunakan Pedal Gas Secara Perlahan

Kalau tuas transmisi sudah diubah, kamu bisa melepaskan injakanmu dari pedal rem atau menurunkan kembali tuas rem tangan. Setelah hal ini kamu lakukan, mobil akan otomatis mundur ke belakang. Arahkan stir untuk mencapai posisi yang kamu mau. Namun, kecepatan mobil yang berjalan otomatis ini biasanya pelan sekali. Kamu bisa mempercepatnya dengan menginjak pedal gas.

Pastikan untuk menginjak pedal gas ini secara perlahan ya. Kamu pasti tidak mau kalau mobil melaju mundur secara tiba-tiba karena kecepatannya langsung naik drastis. Selain itu, menginjak pedal gas perlahan juga bisa membuatmu mengira-kira jarak dan objek yang ada di belakangmu. Jadi, pastikan untuk menginjak pedal gas ini secara perlahan-lahan ya.

3. Siagakan Kaki Pada Pedal Rem

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah siagakan kaki pada pedal rem. Untuk mengendarai mobil matic, ada baiknya kalau kamu menggunakan satu kaki yang dominan saja. Jangan gunakan kedua kakimu pada pedal gas dan pedal rem. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko salah injak pedal. Gunakan hanya satu kaki yang dominan misalnya kaki kanan. Saat kamu mundur perlahan pada tanjakan, kamu bisa menginjak pedal gas dengan kaki kananmu. Kalau posisi yang kamu inginkan sudah tercapai, kamu bisa memindahkan kaki kananmu ke arah kiri yaitu ke pedal rem. Injak pedal rem ini secara perlahan pula agar mobil tiba berhenti mendadak. Itulah cara mundur di tanjakan untuk mobil matic. Mudah sekali bukan? Kalau kamu sudah membaca cara ini dengan seksama kamu bisa dengan mudah mempraktekkannya setelahnya. Ketahui tips cara mundur di tanjakan dengan mobil yuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *