Kenali Minyak Rem Mobil Sebelum Mudik

Saat mudik tiba banyak mobil yang tumpah ruah di jalanan untuk melakukan perjalanan yang jauh. Mobil yang digunakan pun bermacam – macam ada mobil yang memiliki cc besar sampai dengan mobil yang lazim digunakan untuk dalam kota atau yang memiliki cc kecil. Saat melakukan perjalanan mudik kondisi mesin akan digeber dengan waktu yang cukup lama. Pastikan mesin mobil dalam kondisi prima agar perjalanan tidak terhambat. Selain mesin mobil, pengereman juga jangan dianggap enteng. Apabila fungsi pengereman terhambat maka akan berakibat fatal. Cek kondisi dan kenali minyak rem mobilJangan sampai mobil berjalan dengan kondisi minyak rem yang aus.  

Sama seperti oli, minyak rem juga memiliki masa pakai. Masa pakai yang disarankan adalah satu sampai dua tahun sekali atau mobil telah menempuh jarak 40.000 kilometer. Meski waktu penggantian tersebut lama, namun jangan sampai disepelekan karena akan berpengaruh terhadap perjalanan selanjutnya. Pengereman yang terjadi tidak akan sempurna dan yang paling fatal rem akan blong. Ketidaksempurnaan tersebut terjadi akibat minyak rem yang sudah tidak mampu lagi menyerap panas secara optimal 

Salah satu tanda minyak rem yang aus adalah munculnya busa putih di permukaan minyak. Kondisi tersebut terjadi karena minyak rem memiliki sifat menyerap uap air. serapan tersebut menyebabkan titik didih dari minyak berkurang. Sehingga saat rem dijalankan gesekan kampas menghasilkan suhu yang panas, panas tersebut seharusnya diserap oleh minyak rem. karena minyak rem tersebut titik didihnya berkurang maka panas yang diserap tidak akan optimal dan memunculkan gelembung putih di permukaannya.  

Secara umum salah satu penggunaan minyak rem adalah untuk menahan panas yang terjadi dari gesekan kampas rem. gesekan kampas rem bisa mencapai suhu 200 derajat celcius. Minyak rem terbuat dari bahan sintetis yang bersifat asam agar bisa menahan suhu panas ketika proses pengereman. Dalam mengganti minyak rem tidak bisa asal mengganti merk atau mengganti dengan tipe – tipe lain. Kenali minyak rem yang sesuai dengan mobil berdasarkan buku manual. 

Ada beberapa jenis minyak rem yang digunakan. yang pertama adalah minyak rem jenis DOT 3. Minyak rem ini merupakan minyak rem yang paling umum digunakan berbagai mobil. Jenis DOT 3 ini menggunakan bahan glikol eter yang merupakan material paling ekonomis dari jenis lain. Glikol eter merupakan cairan kimia yang memiliki titik didih yang tinggi. 

Berikutnya adalah minyak rem jenis DOT 4. pada minyak jenis ini bahan yang digunakan masih menggunakan glikol eter namun ditambah dengan ester borat. Bahan tersebut merupakan cairan sejenis asam yang bersifat aditif. penambahan ester borat pada minyak rem jenis DOT 4 ini untuk membantu memperbaiki sifat minyak yang meningkatkan titik didih basah dan kering sehingga lebih stabil dan titik didih lebih tinggi. 

Minyak rem jenis DOT 5 memiliki bahan yang berbeda dari kedua jenis sebelumnya. Jenis DOT 5 ini menggunakan cairan silikon sehingga sangat baik dalam menahan panas dan korosi karena cairan silikon tidak bisa menyerap air. Sedangkan minyak rem jenis DOT 5.1 atau juga bisa disebut 4 plus merupakan minyak rem yang berbahan sama dengan jenis DOT 4 namun standar performnya disamakan dengan DOT 5. Jenis DOT 5 ini tidak bisa digunakan pada mobil biasa karena sifatnya yang tidak bisa menyerap air. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *